Pages

Senin, 26 November 2012

"Cerita Rakyat : Asal Mula Pasar Gajah"

ASAL MULA PASAR GAJAH

Ini adalah cerita dari sebuah desa yang jauh dari perkotaan. Cerita ini tentang seekor gajah yang mati pada saat pertunjukkan dan akhirnya nama gajah tersebut digunakan untuk nama sebuah  pasar.
Pada zaman dahulu, masyarakat surya adi banyak yang bekerja sebagai petani  sayur. Mereka menjual hasil panenannya di pasar desa sebelah. Namun, letak pasar tersebut cukup jauh. Desa Surya Adi dan Desa Dabuk Rejo dipisahkan oleh sebuah sungai kecil. Mereka harus menempuh perjalanan selama 45 menit dengan menggunakan sepeda. Selain mereka harus melewati sungai, jalan yang mereka tempuh juga berbatu dan berlubang-lubang.
Selama berpuluh-puluh tahun masyarakat Surya Adi menjalani kehidupan seperti itu. Hingga suatu hari, terdengar kabar di desa ini akan dibangun sebuah pasar. Masyarakat Surya Adi pun merasa senang dengan rencana tersebut. Keesokan harinya, masyarakat Surya Adi mendapat kabar dari rukun warga setempat, bahwa akan diadakan pertunjukkan gajah untuk membuka pembangunan Pasar Surya Adi.
Hari-hari yang ditunggu masyarakat Surya Adi itupun tiba. Acara pembukaan pasar akan segera digelar. Mereka berbondong-bondong menuju ketempat acara tersebut, banyak warga dari desa-desa lain yang menghadiri acara ini. Karena dipedesaan jarang diadakan hiburan, maka banyak warga desa lain yang antusias ikut meramaikan acara ini. Dalam pertunjukkan ini, berbagai atraksi dilakukan oleh para gajah. Masyarakatpun dengan asyiknya menikmai hiburan ini. Namun, ditengah-tengah acara terjadi hal yang tidak diduga.
Para gajah yang tadinya saling kompak melakukan atraksi, menjadi saling melukai satu sama lain. Mereka mengamuk sehingga membuat para pononton ketakutan. Para penonton pun berhamburan pergi menjauh dari gajah untuk menyelamatkan diri. Gajah-gajah tersebut semakin bringas, mereka merusak tenda-tenda, merusak perlengkapan-perlengkapan atraksi, dan lebih parah lagi gajah tersebut menyerang salah satu warga. Sehingga menyebabkan warga tersebut meninggal dunia. Para pawang gajah kerepotan untuk menenangkan gajah-gajah tersebut. Suasana di tempat atraksipun menjadi kacau dan sangat ricuh.
Dalam kejadian tragis ini, banyak gajah-gajah yang terluka. Adapula satu gajah yang meninggal di tempat kejadian. Gajah tersebut juga langsung di makamkan di tempat itu. Sejak kejadian inilah pasar yang akan di bangun di Surya Adi dinamakan Pasar Gajah. Sekarang Pasar Gajah menjadi pasar besar di Surya Adi. Banyak warga desa lain yang ikut mencari nafkah maupun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dipasar ini.  Masyarakat Surya Adi pun sampai sekarang masih mengingat kejadian tragis ini, yaitu kejadian Pasar Gajah.

0 komentar:

Posting Komentar